Sabtu, 15 Februari 2014

Tips Mengamankan Data

Selamat Siang Sahabat ...!!
Dihari libur ini, sahabat ngapain? Lagi istirahat yach ? 
Setelah satu minggu bergelut dengan pekerjaan yang tentunya sangat menguras tenaga dan fikiran tentu hari libur ini akan menjadi hari yang spesial buat sahabat, karena bisa berkumpul dan berlibur bersama keluarga. Namun bagi sahabat yang lagi ditimpa musibah, saya doakan semoga Tuhan selalu memberikan keselamatan, kesehatan, ketabahan dan kesabaran. Amieennn... !!!
Sahabat, untuk mengisi hari libur ini saya mencoba memberikan seikit tips bagaimana mengamankan data aplikasi yang sahabat kelolah.
Sahabat tentu paham bahwa komputer / laptop yang sahabat gunakan sangat rentang akan masalah, baik itu karena virus maupun karena kesalahan operator sehingga bisa berakibat fatal.
Untuk menghindari hal itu saya akan memberikan sedikit tips yang dapat sahabat terapkan.
Pertama, Untuk menghindari masalah yang diakibatkan oleh virus, sahabat harus menginstal / memasng anti virus ada komputer/laptop sahabat. Ada banyak anti virus yang dapat menjadi pilihan sahabat, namun untuk memilih anti virus, sahabat harus selektif karena kadang ada anti virus yang bisa merusak aplikasi yang sahabat miliki.
Kedua, Setiap kali sahabat melakukan perubahan data/transaksi pada aplikasi, sahabat harus melakukan backup data dan simpan  pada Flash Disc atau Hardisk Eksternal. Sahabat dapat menggunakan fasilitas menu backup data yang disiapkan pada aplikasi sahabat, atau dapat pula mengcopy folder database dari aplikasi sahabat.
Ketiga, Jangan menyimpan hasil backup-an aplikasi sahabat pada drive "C", karena jika komputer / laptop sahabat rusak, maka hasil backup-an aplikasi sahabat akan hilang setelah komputer/laptop sahabat diinstal, kecuali sahabat bisa booting dari drive lain kemudian mencopynya ke flash disc

Demikian sedikit tips dari saya, semoga bermanfaat ..

~~Selamat Mencoba~~

0 komentar

Posting Komentar